Di Mata HBA, Almarhum Hasip Syam Orang yang Selalu Memikirkan Jambi

  • Whatsapp

Jambiseru.com – Mantan Wakil Gubernur Jambi dua periode, Hasip Kalimuddin Syam tutup usia, Minggu (25/7/2021) sekitar pukul 02.36 WIB di RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kepulangan almarhum ini, menyisahkan kesedihan bagi mantan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) hingga Gubernur Jambi, Al Haris dan tokoh lainnya.

Di mata HBA, almarhum Hasip Syam dikenal seorang yang selalu memikirkan Provinsi Jambi. Ini disampaikan HBA saat menyambangi rumah duka Hasip Syam di kawaaan Telanai Pura, Kota Jambi.

“Beliau selalu mengharapkan kekompakan, beliau tidak pernah bercerita lain, selalu memikirkan Jambi. Beliau selaku tokoh dan orang tua, selalu berpikir untuk orang banyak. Berpikir rakyat, berpikir masyarakat Jambi. Kegelisahaan beliau adalah sumber daya manusia dan pendidikan, itu terus yang diceritakan beliau,” ucap HBA saat penghormatan terakhirnya kepada almarhum.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris mengucapkan bela sungkawa kepada almarhum Hasip Syam.

“Beliau salah seorang tokoh Provinsi Jambi yang sudah banyak mengabdikan dirinya untuk Jambi ini sampai hari ini beliau Ketua  Lembaga Adat Melayu Jambi. Sampai menghembuskan nafas terakhir, beliau masih memberi untuk Jambi,” sampai Al Haris.

Al Haris menambahkan, Gubernur Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi menyampaikan penghormatan terimakasih yang setinggi tingginya atas jasa dan pengabdian almarhum selama hidupnya.

Almarhum direncanakan akan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Muara Jangga, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Almarhum Hasip Kalimuddin Syam dikenal sebagai tokoh masyarakat, sang birokrat dan politisi Jambi. Semasa hidupnya, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jambi dua periode 1994 – 1999 dan 1999 – 2004.

Bahkan, beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Batanghari periode 1980 – 1991. Hingga Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi. (uda)

Pos terkait