Incar Kepala OPD Provinsi? Ini Kriteria yang Diinginkan Gubernur Jambi Al Haris

  • Whatsapp
Kriteria yang Diinginkan Gubernur Jambi
Gubernur Jambi Al Haris. Foto : Doni/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Anda mengincar posisi Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi? Pahami dulu kriteria yang diinginkan Gubernur Jambi Al Haris.

Kepada media, beberapa waktu lalu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan bahwa Kepala OPD adalah ujung tombak pembangunan Provinsi Jambi. Maka itu, posisi Kepala OPD sangat penting bagi pembangunan Jambi.

Bacaan Lainnya

Karena itu, ia menaruh harapan sangat besar kepada Kepala OPD di lingkup Pemprov Jambi.

“Yang paling penting, ia harus menguasai teknologi. Tidak boleh Kepala OPD gaptek (gagap teknologi, red),” ungkap pemilik akun instagram @alharismrg ini, Jumat (16/7/2021).

Mantan Bupati Merangin 2 periode ini menjelaskan, karena sekarang adalah industri 4.0 bahkan menuju 5.0, maka Kepala OPD dituntut menguasai teknologi.

Selain itu, ia juga membutuhkan Kepala OPD yang enerjik dan sehat.

“Kesehatan itu sangat penting bagi kita, orang-orang yang diamanahkan rakyat untuk membangun Jambi,” jabar pencetus program Pertisun (pejabat tidur di dusun) ini, lagi.

Untuk diketahui, selama menjabat sebagai Bupati Merangin, Al Haris selalu rajin mengunjungi masyarakat Merangin. Lewat program Pertisun, ia secara rutin mengunjungi masyarakat di dusun-dusun dalam Kabupaten Merangin.

Tak hanya berkunjung dan menyerap aspirasi masyarakat di dusun, Al Haris juga rela menginap di sana. Ia tak segan-segan mengikuti kegiatan masyarakat setempat selama menginap di dusun.

Dan, selama itu, ia kerapkali mengajak Kepala OPD untuk ikut program Pertisun di akhir pekan.

“Fisik harus kuat. Kita ini bekerja untuk rakyat, maka kita harus sering-sering bersilaturahmi dengan masyarakat,” jelas mantan Kabiro Umum Setda Provinsi Jambi zaman Gubernur Jambi Hasan Basri Agus ini.

Berikutnya, kriteria Kepala OPD yang diinginkan Al Haris adalah yang visioner. Punya program ke depan yang jelas dan mampu melobi dana dari pusat.

“Kita butuh sosok yang maksimal untuk memaksimalkan pembangunan Provinsi Jambi,” tutupnya.

Dari itu, dari sekian banyak kriteria, bisa disimpulkan bahwa Kepala OPD Provinsi Jambi yang dibutuhkan Gubernur Jambi Al Haris, antara lain :

1. Menguasai teknologi (tidak gaptek)
2. Sehat jasmani dan rohani, dalam artian fisik prima
3. Punya kemampuan lobi
4. Visioner

(red)

Pos terkait