Percepat Pembangunan Jambi, Gubernur Al Haris Bahas Ujung Jabung dan Jalur Kereta ke Menhub

Gubernur Al Haris Bahas Ujung Jabung
Gubernur Jambi, Al Haris bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Vahrial Adhi.Foto: Doni/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Gubernur Jambi Al Haris,  Rabu (15/9/2021) bersama Anggota DPR RI Komisi V H Bakrie dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Vahrial Adhi, melakukan kunjungan ke Kementrian Perhubungan RI. Kunjungan itu langsung diterima oleh Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya Sumadi.

Dalam pertemuan tersebut, Al Haris menyampaikan beberapa langkah strategis dalam percepatan pembangunan infrastruktur perhubungan dan sarana pendukung di Provinsi Jambi.

Percepatan pembangunan ini didorong untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Jambi dengan adanya kemudahan akses transportasi darat, udara dan laut.

Bacaan Lainnya

Terkait peningkatan status pelabuhan, Al Haris meminta kepada Menhub agar pelabuhan Ujung Jabung yang sekarang statusnya pelabuhan pengumpul ditingkatkan menjadi pelabuhan utama.

“Pelabuhan Ujung Jabung kita minta kepada bapak Menteri agar statusnya ditingkatkan lagi dari pelabuhan pengumpul menjadi pelabuhan utama. Sehingga nantinya pelabuhan Ujung Jabung bisa melayani angkutan laut dan alih muat Internasional dalam jumlah besar. Tentunya secara otomatis jika ini terlaksana, perekonomian Jambi akan pesat majunya,” kata Al Haris

Pada pertemuan ini pun, Gubernur Jambi Al  Haris juga memaparkan dan meminta penambahan beberapa dermaga laut untuk menunjang transportasi laut bagi daerah perairan di Provinsi Jambi serta bantuan armada bus.

“Bukan hanya Pelabuhan Ujung Jabung saja, untuk menunjang transportasi laut lainnya kita meminta penambahan dermaga di pelabuhan Roro Tanjung Jabung Barat, pengembangan pelabuhan Muara Sabak, Nipah Panjang, Mendahara dan Tungkal. Selain itu meminta bantuan transportasi publik berupa armada bus,” sebut Al Haris.

Tak hanya itu saja, Gubernur Jambi Al Haris juga membahas soal rencana pembangunan jalur kereta api untuk angkutan batu bara di Jambi agar bisa masuk ke dalam rencana strategis nasional.

“Kita ingin ada jalur kerata api Sumatera dari jalur Sarolangun, Bungo sampai ke Talang Duku, untuk mengangkut batu bara. Sehingga dengan adanya jalur kereta api, tidak mengganggu lagi pengendara jalur kendaraan darat,” ujar Al Haris.

Selanjutnya Gubernur Jambi, Al Haris juga ingin mempercepat peningkatan pembangunan infrastruktur perhubungan transportasi udara di Jambi.

“Peningkatan pengembangan Bandara Sultan Thaha kita berharap dapat terus berlanjut, sehingga nantinya menjadi Bandara Internasional. Begitu juga dengan Bandara Muara Bungo dan Bandara Depati Parbo Kerinci,” tutup mantan Bupati Merangin dua periode itu. (uda)

Pos terkait