Saat Dosen Unja Beri Pengetahuan Tentang Sastra ke Siswa SD

  • Whatsapp

Jambiseru.com – Guru bersama Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 76 Mendalo Darat, Kecamatan Jaluko, Muaro Jambi kedatangan dosen Sastra Indonesia Universitas Jambi (Unja) pada, Kamis (5/8/2021). Di sana, dosen itu memberikan pengetahuan soal Sastra.

Kedatangan dosen tersebut sebagai tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Universitas Jambi. Para dosen itu mensosialisasikan tentang sastra anak sebagai sumber bahan ajar dalam pendidikan karakter pada tingkat sekolah dasar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Tujuannya, guna memberikan pengetahuan kepada guru-guru tentang sastra sebagai sumber bahan ajar dalam pendidikan karakter pada tingkat Sekolah Dasar. Sosialisasi ini pun diikuti oleh para guru disana.

Tim PPM Universitas Jambi tersebut diketuai oleh Sovia Wulandari, S.S., M.Pd dengan anggotanya Dr. Irma Suryani, S.Pd., M.Pd serta 3 mahasiswa yakni Erik D Siregar, Intan Helendia Putri dan Ayu Diah Lestari.

Tim PPM UNJA mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini, siswa-siswa sekolah dasar dapat menjadi lebih baik dalam hal karakter serta kedepannya lebih mencintai dunia leterasi.

“Saya berharap kepada guru-guru akan menjadikan karya sastra sebagai salah satu pilihan prioritas sumber bahan ajar untuk mengembangkan nilai-nilai moral ataupun karakter siswa,” kata Ketua Tim PPM Unja, Sovia Wulandari.

Dikatakan Sovia, guru-guru yang mengikuti ini pun tampak antusias. Kata dia, itu terlihat dari respon guru-guru dalam menjawab pertanyaan pemateri serta pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terhadap pemateri.

“Alhamdulillah guru-guru disini sangat merespon sosialisasi kita dengan materi sastra anak sebagai sumber bahan ajar dalam pendidikan karakter pada tingkat sekolah dasar,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara luring, namun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Bentuk kegiatan dilakukan dengan cara presentasi oleh ketua tim dan anggotanya, selanjutnya dilakukan diskusi berupa tanya jawab.

Diakhir sesi, tim PPM Universitas Jambi membagikan bahan ajar berupa kumpulan dongeng kepada para guru.(uda)

Pos terkait