Puluhan Sumur Ilegal Driling di Bahar Selatan Ditutup

  • Whatsapp
Sumur Ilegal Driling di Bahar
Lokasi Sumur Ilegal Driling di Bahar Selatan. Foto: Doni/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Tim gabungan Polres Muaro Jambi menutup sebanyak 40 sumur ilegal driling yang berada di Desa Bukit Subur, Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Senin (12/7/2021).

Penutupan sumur ini bentuk penertiban dan penindakan tim gabungan terpadu. Razia ini pun langsung dipimpin Kapolres Muaro Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja.

Bacaan Lainnya

Dalam operasi ini, tim gabungan terdiri dari 10 personel Samapta Polda Jambi, 10 personel Brimobda Jambi, 3 persoenel Denpom II/Jambi, 7 personel Kodim 0415/Jambi, 60 personel Polres Muaro Jambi serta personel Satpol PP Muaro Jambi.

Kapolres Muaro Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja mengatakan, razia kali ini yang dilakukan adalah penertiban terhadap ilegal driling atau pengeboran minyak tanpa izin.

“Apa yang dilakukan ini merusak lingkungan. Hasil operasi kali ini yang didapatkan tim gabungan yakni, 9 pipa steger, 1 mesin dompeng, 3 unit amper token, 27 gerigen, 2 rol kabel listrik, 1 unit mesin robin, 1 buah katrol dan 1 gulung terpal. Selain itu, sumur ilegal driling itupun mempolice line,” kata AKBP Yuyan.

Kegiatan penertiban tersebut dilanjutkan dengan pembongkaran pondok serta wadah penampungan minyak ilegal dan pengecoran lobang sumur.

Menurut Yuyan, memang kegiatan ini dilahan masyarakat. Bahkan pihaknya telah melakukan peringatan sebanyak tiga kali, maka dari itu ia terpaksa melakukan penindakan.

“Ini sudah kita koordinasikan dengan pihak lingkungan hidup untuk mengambil sampel air, lalu memeriksa ke Laboratuorium, dari hasil tersebut akan di sampaikan kepada masyarkat dampak dari aktifitas ilegal drilling ini,” sebut AKBP Yuyan

Dikatakan Yuyan, bersama Pemkab Muaro Jambi, dalam hal ini Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro telah mengkonsepkan pendapatan rakyat ini bisa dilegalkan dengan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan.

“Jika disetujui pemerintah pusat bersama Pertamina, maka kita mengeduksi bersama Pertamina cara pengeboran yang baik tanpa merusak lingkungan hidup, serta meningkatkan pendapatan masyarakat,” tutupnya. (uda)

Pos terkait