3 Terdakwa Kasus PETI di Nalotantan Divonis 3 Tahun Penjara

  • Whatsapp
PETI di Nalotantan Divonis 3 Tahun
3 Terdakwa Kasus PETI di Nalotantan Divonis 3 Tahun Penjara. Foto : Edo/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Akhirnya 3 terdakwa kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Nalotantan divonis 3 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Vonis tersebut dibacakan dalam sidang yang digelar Kamis (10/6/2021).

Ketiga terdakwa yang merupakan warga Kabupaten Bungo itu yaitu M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38). Mereka divonis 3 tahun penjara, setelah pada sidang tuntutan sebelumnya ketiga terdakwa dituntut 4 tahun penjara.

Bacaan Lainnya

Pada saat Hakim Ketua membacakan putusan, ketiga terdakwa disebut telah melanggar pasal 89 ayat (1) huruf a UURI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 ayat (1) ke – 1 KUHP.

“Menjatuhkan M Ikhsan divonis 3 tahun kurungan, dengan denda Rp 1.500,000.000 (Satu miliar lima ratus juta rupiah) dan dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan penjara 3 bulan,” kata Hakim Ketua, Salman Alfarisi dalam pembacaan putusan.

Jaksa Penuntut Umum, Rizal Purwanto diwawancarai usai sidang putusan mengatakan, dirinya masih memikirkan dalam waktu 7 hari kedepan terkait putusan kasus PETI itu.

“Iya, ketiganya divonis 3 tahun dikurungan, sesuai apa yang dibacakan Hakim Ketua, kita pikir pikir apakah kita menerima atau upaya hukum,”Ujar Rizal Purwanto Kasi Pidum Kejari Merangin.

Ketiga terdakwa menerima putusan yang dibacakan Hakim Ketua. Sidang terakhir dengan agenda pembacaan putusan ini dilakukan di Pengadilan Negeri Bangko dan diikuti secara online oleh JPU di Kejari Merangin dan terdakwa di Lapas kelas II B Bangko.

Untuk diketahui ketiga terdakwa kasus PETI di kawasan Hutan Produksi Nalotantan itu diamankan polisi pada 2 Januari 2 Januari 2021 lalu, selain tiga terdakwa polisi juga mengamankan satu unit alat berat excavator dan satu unit mobil Terado, Dump truk colt diesel serta barang bukti lainnya yang berkaitan dengan aktivitas PETI. (edo)

Pos terkait