9 Orang Jadi Tersangka Kasus PETI Nalotantan, Polisi Buru Pemodal

  • Whatsapp
Tersangka Kasus PETI Nalotantan
9 Orang Jadi Tersangka Kasus PETI Nalotantan, Polisi Buru Pemodal. Foto : Edo/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Kasus Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalotantan, polisi sudah menetapkan 9 tersangka dari 11 pekerja yang diamankan pada 1 Juni lalu. Mereka saat ini masih ditahan di tahanan Mapolres Merangin.

Dikatakan Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy P, melalui Kasat Reskrim, AKP Indar Wahyu, jika memang dari 11 orang yang telah diamankan, 9 orang diantaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara dua orang lainnya, masih ditetapkan sebagai saksi.

Bacaan Lainnya

“Dua orang itu saksi, karena mereka bukan pekerja, melainkan tukang las yang dihubungi,” jelasnya, Senin (7/6/2021).

Tak berhenti sebatas 9 tersangka ini, polisi terus berusaha menguak siapa pemodal di balik kegiatan tambang di Nalotantan. Menurut Indar, pihaknya sudah memanggil beberapa orang saksi untuk dimintai keterangan dan mengaku sudah mengantongi nama pemodal.

“Saksi sudah kita minta keterangan, kita masih buru pemodal PETI itu, dan sudah kantongi namanya,” ungkapnya.

Untuk diketahui pada 1 Juni 2021 lalu, Polres Merangin amankan dua alat berat jenis excavator merek Liugong dan belasan pekerja serta barang bukti lainnya yang berkaitan dengan aktivitas PETI dikawasan hutan produksi Nalotantan.

Akibat perbuatannya 9 tersangka PETI itu dikenakan pasal 158 undang undang Republik Indonesia nomor 3 Tahun 2020, tentang perubahan atas undang-undang republik Indonesia nomor 4 tahun 2009, tentang minerba, dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 miliar. (edo)

Pos terkait