Pemilihan Duta Bahasa Jambi 2020 Gunakan Aplikasi Daring

Cuplikan salah satu proses penilaian pemilihan duta bahasa 2020. Foto: Uda/Jambiseru.com
Cuplikan salah satu proses penilaian pemilihan duta bahasa 2020.Foto: Uda/Jambiseru.com

Pemilihan Duta Bahasa Jambi 2020 Gunakan Aplikasi Daring

JAMBISERU.COM – Di tengah-tengah mewabahnya virus corona saat ini, Kantor Bahasa Provinsi Jambi tetap menggelar Pemilihan Duta Bahasa (Dubas) Jambi 2020. Pemilihan Dubas kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Pemilihan Dubas Jambi 2020 memanfaatkan semua aplikasi daring.

Baca Juga : Karena Covid-19, Jalur Pendakian Gunung Masurai Merangin Ditutup

Bacaan Lainnya

Kegiatan pemilihan Duta Bahasa Jambi 2020 ini berkerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa Jambi. Kegiatan ini pun diikuti sebanyak 100 peserta.

Ketua Penyelenggara Pemilihan Duta Bahasa Jambi 2020, Lukman Tanjung mengatakan bahwa, berdasarkan hasil musyawarah antara panitia dan Kepala Kantor Bahasa Jambi, kegiatan pemilihan Dubas ini tetap dilaksanakan dengan tahapan yang menyesuaikan kondisi Covid-19 saat ini.

“Semia tahapan pemilihan Duta Bahasa dilakukan secara daring dan disesuaikan dengan kondisi Covid-19 saat ini yang sedang maraknya,” kata Lukman.

Dikatakan Lukman, untuk tahapan kegiatan yang masih dilakukan seperti Tes Penulisan Esai, Tes Kemampuan Berbicara dan Babak Presentasi.

“Setiap tahapan tes peserta ini tetap dinilai oleh dewan juri,” ujarnya.

Lukman menjelaskan bahwa, untuk tes pertama kali, peserta mengikuti tes penulisan esai sebanyak 100 peserta. Tulisan itu pun dikirim melalui surat elektronik. Setelah itu, peserta melanjutkan tahapan tes kemampuan berbica yang hanya diambil 60 peserta terbaik.

“Tes kemampuan berbicara ini, para peserta akan membuat video singkat mengenai Inovasi Duta Bahasa untuk Negeri dan diunggah di Youtube. Selanjutnya mereka akan dipilih 10 pasang finalis, putra dan putri terbaik,” jelasnya.

Setelah dua tahapan itu dan telah terpilih 10 finalis terbaik putra dan putri, mereka selanjutnya harus mempresentasikan rencana kegiatan satu tahun ke depan sebagai tahapan babak final Pemilihan Duta Bahasa 2020.

Baca Juga : Pasien Positif Rapid Test Batanghari Kabur Saat Hendak Dijemput Petugas

“Untuk pemenang terpilih pun nantinya akan kita umumkan pula secara daring. Dan untuk Informasi kegiatan disampaikan secara daring pula melalui akun instagram @dutabahasajambi,” tutupnya. (uda)

Pos terkait