Mulai Pekan ke-30 Liga 1, PSSI Tugaskan Asisten Wasit Tambahan

Asisten Wasit Tambahan
Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi memberikan keterangan soal perkembangan tim nasional Indonesia di Kantor PSSI, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Salah satu hal yang disampaikannya terkait rencana pertandingan persahabatan internasional FIFA timnas Indonesia versus Bangladesh pada 24 dan 27 Januari 2022. ANTARA/Michael Siahaan.

Jambi Seru – PSSI akan menugaskan asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR) mulai pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022. Hal ini untuk menindaklanjuti keluhan-keluhan yang terjadi belakangan ini terhadap kinerja pengadil lapangan.

Ini juga merupakan solusi jangka pendek dari PSSI atas banyaknya keluhan soal keputusan wasit utama dan hakim garis di BRI Liga 1 dan Liga 2. Ke depannya, PSSI juga akan menerapkan video assistant referee (VAR).

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengakui kalau pihaknya sempat mengalami kendala untuk merealisasikan penambahan asisten wasit tambahan ini.

Bacaan Lainnya

Salah satunya terutama berkaitan dengan pengadaan alat-alat khusus yang akan digunakan oleh wasit-wasit tersebut. Oleh karenanya kemungkinan baru bisa terlaksana mulai pekan ke-30 pada 10-14 Februari.

“Dalam prosesnya, PSSI telah mengedukasi seluruh wasit yang nantinya akan ditugaskan sebagai AAR pada tanggal 10-14 Februari lalu dengan mendatangkan dua orang instruktur wasit FIFA,” kata Yunus Nusi dilansir dari laman PSSI.

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk dipakai asisten wasit tambahan itu sudah sampai di Bali. Sebelum benar-benar diterapkan lebih dahulu bakal digelar simulasinya.

“Sehingga mulai tanggal 9 Maret sudah bisa dipakai,” tambah mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

BRI Liga 1 2021/2022 sudah memasuki pekan terakhir. Mengingat persaingan sengit di papan atas dan bawah, butuh pengadil lapangan yang benar-benar baik dalam memimpin pertandingan. (red)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait