Hajar Belgia 1-2, Italia Melaju ke Semifinal Euro 2020 

Italia Melaju ke Semifinal Euro
Para pemain Italia merayakan sukses mereka ke semifinal Euro 2020 setelah menaklukkan Belgia 2-1 dalam perempatfinal EURO 2020 di Allianz Arena, Muenchen, 2 Juli 2021. (AFP/ANDREAS GEBERT)

Jambiseru.com – Timnas Italia sukses melaju ke semifinal Euro 2020 usai meraih kemenangan kontra Belgia pada laga perempat final, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Pada laga yang berlangsung di Allianz Arena, Munich itu, Italia mampu menyudahi perlawanan Belgia dengan skor 2-1.

Dua gol Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– dibuat Nicolo Barella (31′) dan Lorenzo Insigne (44′). Sementara Belgia hanya mampu membalas melalui penalti Romelu Lukaku di penghujung babak pertama.

Bacaan Lainnya

Leonardo Bonucci sejatinya lebih dulu merobek gawang Belgia di menit ke-13 usai menyambut sebuah tendangan bebas, tapi review VAR menganulir gol itu lantaran sang pemain offside.

Italia lalu memecahkan kebuntuan di menit ke-31 saat Barella meneruskan assist Marco Verratti dengan mengelabui Thorgan Hazard sebelum melepaskan sepakan kencang yang tak bisa dihalau penjaga gawang Thibaut Courtois.

Courtois kembali harus mengambil bola dari dalam gawang di menit ke-44 saat gerakan indah dari Insigne di luar kotak penalti Belgia dia sudahi dengan sepakan kencang diagonal yang sukar dijangkau oleh kiper nomor satu Belgia itu.

Italia bisa saja menyudahi laga itu dengan kedudukan 2-0 tapi bek Giovanni Di Lorenzo dianggap melakukan pelanggaran kepada Jeremy Doku di dalam kotak penalti Azzurri.

Usai tinjauan VAR, wasit memastikan itu penalti dan Lukaku mamapu menjadi eksekutor sepakan penalti dengan menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Italia juga nyaris membuat gol ketiga di menit ke-66 ketika Leonardo Spinazzola sudah tepat menyambut bola tapi dia tak bisa mengarahkan bola tepat ke sasarannya.

Setelah itu Belgia mati-matian mencari gol guna menyamakan skot tapi tak kunjung mampu menjebol gawang Italia lantaran Azzurri menutup ruang mereka dalam mengancam pertahanan Italia.

Italia yang dominan di paruh pertama dengan 55 persen penguasaan bola dan sembilan upaya gol yang empat di antaranya ke sasaran, kembali melakukannya di babak kedua.

Total Azzurri melesatkan 14 percobaan gol yang tiga di antara itu tepat sasaran, sementra Belgia membuat 9 upaya yang juga tiga di antaranya tepat sasaran. (esa)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com) judul asli “Hasil Euro 2020 Belgia vs Italia: Menang 2-1, Gli Azzurri ke Semifinal

Pos terkait