Apes! Indonesia Gagal Lolos Piala Asia U-17, Selisih 1 Gol dengan Laos

Klasemen Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17
Klasemen Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17

Jambi Seru – Indonesia gagal lolos Piala Asia U-17 usai dihajar Malaysia 1-5. Harapan lolos sebagai enam tim runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pun pupus usai kelarnya matchday keempat atau terakhir babak penyisihan grup, Senin (10/10/2022) dini hari WIB.

Timnas Indonesia U-17 hanya berada di peringkat ketujuh di bawah Laos yang memiliki 1 gol lebih banyak. Gengan  begitu, Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final tahun depan.

Perlu diketahui, ada dua jalan untuk tim-tim peserta kualifikasi lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023, yaitu dengan status juara grup atau enam runner-up terbaik.

Bacaan Lainnya

Khusus jalur runner-up terbaik, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) ada aturan sendiri untuk penentuan peringkat. Hanya partai di tiga besar klasemen masing-masing grup yang masuk hitungan.

Aturan itu dilakukan karena pembagian jumlah peserta pada masing-masing grup dari A hingga J yang tidak merata. Grup A hingga D berisi lima tim, grup E, F, G, dan I berisi empat tim, serta Grup H dan J cuma tiga tim lantaran Timor Leste dan Sri Lanka memilih mundur.

Situasi itu membuat hitung-hitungan poin dan selisih gol dalam klasemen runner-up terbaik jadi sulit tertebak dan baru bisa diakumulasi setelah seluruh laga di fase grup rampung.

Kini, Timnas Indonesia U-17 sudah dipastikan tidak lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 meski tampil trengginas di Grup B dengan koleksi 9 poin dan jumlah selisih gol terbaik yakni +13.

Hal itu bisa terjadi setelah Timnas Indonesia U-17 secara mengejutkan kalah 1-5 dari Malaysia dalam matchday terakhir Grup B di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-17 menduduki posisi runner-up dengan sembilan poin, terpaut satu poin dari Malaysia yang jadi juara grup dan otomatis lolos ke putaran final.

Sialnya, sebagaimana aturan AFC, membuat laga Timnas Indonesia U-17 yang masuk hitungan klasemen runner-up terbaik hanyalah pertandingan kontra Malaysia dan Uni Emirat Arab (UEA) selaku tim tiga besar Grup B.

Timnas Indonesia U-17 menang 3-2 atas UEA dan kalah 1-5 dari Malaysia. Hasil itu bikin Garuda Asia cuma mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol -3.

Sementara kemenangan telak 14-0 atas Guam dan 2-0 atas Palestina tidak masuk hitungan lantaran dua tim itu cuma finis di luar tiga besar.

Dengan koleksi tiga poin dan selisih gol -3, Timnas Indonesia U-17 pada akhirnya hanya finis ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik.

Dalam aspek poin, Indonesia memang setara dengan enam tim di atasnya. Selisih gol lah yang pada akhirnya menjegal tim asuhan Bima Sakti melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Enam tim yang berhasil lolos dari jalur runner-up terbaik adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand dan Laos. (red/fif)

Artikel ini telah tayang di football.jambiseru.com dengan judul Klasemen Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 : Timnas Indonesia Gagal Lolos

Pos terkait

banner pln