Inggris Lolos Semifinal Euro 2024, Menang Adu Penalti vs Swiss

inggris lolos semifinal
Timnas Inggris melangkah ke semifinal Euro 2024. Inggris menang adu penalti 5-3 lawan Swiss. Foto: REUTERS

DUSSELDORF, Jambiseru.com – Timnas Inggris lolos ke semifinal Euro 2024. Inggris menang adu penalti 5-3 kontra Swiss.

Pertandingan berlangsung di Dusseldorf Arena pada Sabtu (6/7/2024) malam WIB. Inggris dan Swiss bermain sama kuat 1-1 hingga masa perpanjangan.

Akhirnya duel harus ditentukan lewat adu penalti. Penendang pertama Swiss Manuel Akanji gagal mengeksekusi bola.

Bacaan Lainnya

Sementara lima penendang Inggris semuanya masuk. Inggris melaju ke semifinal untuk melawan pemenang laga Belanda vs Turki.

Pertandingan berjalan dalam tempo cepat di menit-menit awal. Swiss mampu mendominasi penguasaan bola tetapi belum ada peluang berbahaya tercipta di 10 menit pertama.

Setelah itu, Inggris mulai mengembangkan permainan dan beberapa kali melepaskan tendangan jarak jauh. Akan tetapi, rapatnya pertahanan Nati -julukan Timnas Swiss- membuat bola selalu bisa diblok di kotak penalti.

Pertandingan masih terus berjalan alot sampai setengah jam berjalan. Serangan-serangan yang dibangun kedua tim mampu mencapai sepertiga pertahanan lawan, tetapi belum mendapatkan penyelesaian akhir yang bagus.

Peluang berbahaya baru didapatkan The Three Lions -julukan Timnas Inggris- pada menit 35. Sebuah umpan silang ciamik dari Bukayo Saka melengkung mengarah ke gawang tetapi gagal disontek oleh Jude Beliingham sehingga bola ditangkap oleh Yann Sommer.

Tempo permainan pun melambat di menit-menit akhir babak pertama. Sampai turun minum skor kacamata pun belum berubah.

Swiss mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Pada menit 50, mereka mengancam pertahanan Inggris setelah Breel Embolo mendapatkan bola di dalam kotak penalti. Beruntung sepakannya terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan Jordan Pickford.

Tim asuhan Murat Yakin terus mendominasi laga setelahnya. Pada menit 66, mereka kembali memperoleh peluang berbahaya lewat sepakan voli Michel Aebischer yang melambung di atas mistar gawang.

Terus menekan, akhirnya Swiss mampu membobol gawang Inggris pada menit 75. Sontekan Embolo di mulut gawang tak mampu dihalau Pickford.

Namun keunggulan Swiss hanya bertahan lima menit saja. Sebab pada menit 80 Pasukan Gareth Southgate mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tendangan keras Bukayo Saka.

Jual beli serangan berlanjut di menit-menit akhir babak kedua. Akan tetapi tak ada gol lagi yang tercipta hingga waktu normal usai. Laga pun berlanjut ke babak tambahan waktu.

Inggris langsung mendapatkan peluang berbahaya di menit awal babak tambahan waktu. Sebuah tendangan jarak jauh dari Declan Rice mengarah kencang ke tiang jauh tetapi bisa dijangkau oleh Yann Sommer.

Pada menit 98 gantian Jude Bellingham yang memperoleh peluang. Namun, sepakannya mampu ditangkap oleh Sommer.

Swiss balas mengancam pada menit 113. Sebuah umpan menyilang Ricardo Rodriguez dihantam dengan sepakan voli Fabian Schar yang mengarah ke atas mistar gawang.

Tiga menit berselang, Nati benar-benar nyaris kembali unggul. Sayangnya, tendangan sepak pojok Xherdan Shaqiri yang langsung diarahkan ke gawang membentur mistar. Tak lama kemudian, Swiss mengancam lagi lewat tendangan keras Zeki Amdouni yang bisa ditepis Pickford. Pada akhirnya, skor imbang 1-1 mengakhiri pertandingan sehingga pemenang ditentukan lewat babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Inggris: Palmer (O), Bellingham (O), Saka (O), Toney (O), Alexander-Arnold (O): 5

Swiss: Akanji (X), Schar (O), Shaqiri (O), Amdouni (O): 3

O=gol. X= gagal/tidak gol. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait