Fabio Quartararo Tercepat di Sesi Latihan MotoGP Spanyol

Fabio Quartararo Tercepat
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo melakukan sesi latihan kedua Grand Prix MotoGP Spanyol di arena pacuan kuda Jerez di Jerez de la Frontera pada 29 April 2022. JORGE GUERRERO/AFP

Jambi Seru – Juara dunia MotoGP Fabio Quartararo tercepat di kedua sesi latihan MotoGP Spanyol pada Jumat walau sempat terjatuh di FP1.

Sang pebalap Prancis, yang saat ini memiliki koleksi poin yang sama banyaknya dengan Alex Rins setelah lima balapan, finis peringkat lima di sesi latihan pertama setelah terjatuh dari motor Yamaha M1-nya.

Quartararo mencetak lap terbaiknya di FP2 dengan catatan 1:37,071 detik demi mengalahkan trio Ducati: Enea Bastianini, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Bacaan Lainnya

Seluruh pebalap mampu tampil lebih cepat di sesi latihan kedua dan Bastianini menjadi pebalap Ducati terdepan dengan selisih 0,201 detik dari pemuncak sesi.

Quartararo mengawali akhir pekan di Sirkuit Jerez dengan terjatuh dari motornya setelah melibas bagian trek yang masih basah pada pagi hari, menyusul hujan deras pada malam hari.

“Saya harap apabila tikungan delapan tidak kering besok, seseorang dikirim ke sana untuk mengeringkannya karena ada bekas lembab di tempat itu yang sangat membahayakan,” kata Quartararo dikutip AFP seperti dimuat Antara.

Tayangan ulang memperlihatkan Quartararo mengalami kesakitan di bagian selangkangannya, namun justru ia menertawakan kejadian tersebut.

“Saya merasa agak ceroboh karena kecelakaan itu tidak menyebabkan apa-apa, tapi saya mencederai diri saya sendiri dengan menubruk tangki bahan bakar ketika naik kembali ke motor,” kata dia.

Quartararo, yang memenangi balapan di Portimao pekan lalu, mendapat tekanan di Jerez yang terlihat lebih cocok untuk motor Ducati.

“Semua orang sangat cepat di Jerez dan leher saya seperti ditodong pisau setiap kali saya turun ke lintasan,” kata dia.

Bagnaia dan Jorge Martin kurang dari 0,3 detik di belakang Quartararo sedangkan pebalap Jepang Takaaki Nakagami membawa Honda tercepat di peringkat lima.

Pebalap tuan rumah Marc Marquez, juga mengendarai Honda, mendapati hasil mengecewakan hari ini. Sang juara dunia MotoGP enam kali terjatuh dua kali di FP2 namun terbebas dari cedera.

Insiden itu menghalangi Marquez memperbaiki catatan waktunya dan mengakhiri kedua sesi latihan di P19, terpaut 1,1 detik dari Quartararo.

Sepuluh besar catatan waktu kombinasi latihan:

Pos terkait