Menang Lawan Uni Emirat Arab, Australia Kian Dekat Ke Piala Dunia 

Australia Kian Dekat Ke Piala Dunia 
Gelandang Australia Ajdin Hrustic menggiring bola dibayangi pemain Uni Emirat Arab Caio Canedo dalam laga kualifikasi akhir zona Asia di Al Rayyan Stadium, Doha, Qatar, Selasa (7/6/2022). ANTARA/REUTERS/Mohammed Dabbous

Jambi Seru – Australia bakal melawan Peru pekan depan guna memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia Qatar 2022 November nanti usai mengalahkan Uni Emirat Arab 2-1 pada laga kualifikasi akhir zona Asia, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB.

Ajdin Hrustic membuat gol penentu kemenangan Australia pada menit ke-84 setelah tembakannya terdefleksi bek UEA Ali Salmeen dan melewati kiper Khaled Eisa.

Kemenangan di Stadion Ahmad bin Ali Al Rayyan Qatar itu menjaga harapan Australia lolos ke putaran final Piala Dunia kelima berturut-turut.

Bacaan Lainnya

Jackson Irvine membuat tim Australia asuhan Graham Arnold unggul dengan tendangan jarak dekat pada menit ke-53 tetapi Caio Canedo menyamakan kedudukan empat menit kemudian dengan penyelesaian deras ke atap gawang Mathew Ryan.

Tim negeri kanguru meningkatkan tekanan sepanjang babak kedua dan akhirnya berbuah hasil ketika tendangan voli Hrustic menyusul sebuah sepak pojok Aaron Mooy bersarang di gawang UEA meski terbantu oleh pantulan Salmeen.

“Kami menunjukkan karakter yang baik, dan menurut saya kami mendominasi sebagian besar permainan dan kami mengambil peluang yang datang,” kata pemain Australia Martin Boyle.

“Ini baru setengah tugas. Kami harus bersiap dan kami akan pergi lagi,” katanya seperti dikutip Reuters.

UEA sempat mendapat peluang di babak pertama ketika Harib Abdalla Suhail memaksa Ryan melakukan sepasang penyelamatan di tiang dekat.

Tapi delapan menit memasuki babak kedua dalam sebuah serangan Boyle memberi umpan pada Irvine, yang mencetak gol dalam kotak enam yard.

Keunggulan Australia hanya bertahan empat menit saat kecepatan Suhail terbukti bermasalah bagi tim lawan. Pemain sayap klub Shabab Al Ahli itu melepaskan umpan silang dan disambut Caio dengan melepaskan tendangan kaki kirinya ke atap gawang.

Australia terus mengancam gawang lawan ketika Craig Goodwin dan Hrustic nyaris membuat gol

Kiper Eisa juga tampil cemerlang ketika ia berhasil menggagalkan upaya Jamie Mcclaren di menit ke-80. Namun empat menit kemudian ia tidak kuasa untuk menahan arah bola tembakan Hrustic yang berbelok.

Socceroos akan bertemu Peru di tempat yang sama Senin depan di playoff pertama dari dua playoff antarbenua untuk menentukan tempat yang tersisa di final, sedangkan Selandia Baru akan menghadapi Kosta Rika di kualifikasi akhir 24 jam kemudian. (esa)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait