Menang 2-0 Atas Austria, Belanda ke 16 Besar Euro 2020

  • Whatsapp
Belanda ke 16 Besar Euro 2020
Memphis Depay menyumbang gol untuk Belanda lewat eksekusi penalti. (Foto: Getty Images/Olaf Kraak - Pool)

Jambiseru.com – Timnas Belanda akhirnya memastikan satu tiket ke babak 16 besar Euro 2020 usai meraih kemenangan 2-0 atas Austria pada matchday kedua Grup C di Johann Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB.

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi penentu kemenangan Tim Oranje –julukan Timnas Belanda– dalam laga ini. Mereka masing-masing membuat satu gol dalam dua babak berbeda.

Bacaan Lainnya

Memphis Depay membuat Belanda unggul 1-0 melalui eksekusi penalti pada menit ke-11, sebelum Denzel Dumfries menggandakan keunggulan tim besutan Frank De Boer lewat golnya pada menit ke-67.

Untuk pertama kali dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro usai tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.

Belanda juga selalu menang pada 21 pertandingan terakhirnya saat mencetak gol lebih dulu. Kini Belanda telah memasukkan 67 gol dan cuma kebobolan tujuh gol dari 21 laga terakhirnya itu.

Kemenangan ini menjadikan Belanda untuk sementara memuncaki klasemen Grup C Euro 2020 dengan koleksi enam poin hasil dari sapu bersih memenangan di dua laga perdana. Di laga terakhir, Memphis Depay dan kawan-kawan akan menghadapi Makedonia Utara pada 21 Juni mendatang.

Sementara bagi Austria, kekalahan ini membuat peluang mereka untuk melaju ke babak 16 besar menipis. Tim besutan Franco Foda untuk sementara duduk di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin atau serupa Ukraina di posisi runner-up.

Pertandingan terakhir kontra Ukraina pada 21 Juni mendatang, kemungkinan bakal jadi penentuan siapa tim yang berhak lolos sebagai runner-up Grup C Euro 2020. (*)

Sumber : Suara.com –media partner Jambiseru.com

Pos terkait