Insiden Buka Baju di Tengah Balapan, Ini Penjelasan Fabio Quartararo

Buka Baju di Tengah Balapan
Aksi Membuka Wearpack yang Dilakukan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021. Foto: MotoGP

Jambiseru.com – Insiden buka baju di tengah balapan menghiasi race motogp Catalunya 2021. Hal itu dilakukan oleh rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Insiden buka baju ini terjadi saat pembalap asal Prancis itu tengah melaju di lima lap terakhir. Kejadian itu pun langsung menjadi sorotan dan Quartararo juga langsung kena pinalti.Menurut aturan FIM, baju balap harus terpasang sepenuhnya sepanjang lomba berlangsung tanpa terkecuali, demi keselamatan sang rider.

Namun menurut Quartararo, ritsleting bajunya terbuka tanpa sengaja. Ia sudah mencoba memasangnya kembali, namun tak berhasil.

Bacaan Lainnya

“Aku tak tahu apa yang terjadi. Aku hanya menyadari bahwa bajuku sudah terbuka di tikungan pertama saat saat balapan tersisa lima lap,” ujar Quartararo kepada Autosport.

“Aku mencoba menariknya lagi ke atas, tapi tak bisa. Sangat sulit membalap dengan keadaan begitu, namun sayangnya itulah yang terjadi.”

“Itu yang terjadi hari ini, jadi sekarang Alpinestars (produsen baju balap yang dipakai Quartararo) sedang mengecek mengapa itu bisa terjadi, sebab ketika sudah selesai, ritsleting-nya bisa ditutup lagi,” jelas pebalap Yamaha itu.

Quartararo akhirnya dihukum akibat insiden tersebut. Ia mendapat penalti tiga detik, membuat posisi finisnya melorot dari urutan keempat menjadi keenam.

Sebelumnya, ia sudah kena penalti tiga detik karena pelanggaran batas trek, yang membuatnya gagal podium kali ini. Itu artinya, ia mendapat hukuman total 6 detik di balapan MotoGP Catalunya 2021. (tra)

Sumber : Detik.com

Pos terkait