Sekda Jambi Titipkan Pesan untuk Calon Paskibraka

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman.Foto: Doni/Jambiseru.com

Jambi Seru – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman menyampaikan pesan kepada para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk benar benar menerapkanya dalam mengikuti seleksi.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat membuka secara resmi Seleksi Calon Paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan Nasional Tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Shang Ratu, Rabu (18/05/2022).

“Saya berpesan kepada seluruh para peserta seleksi untuk mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi ini dengan sungguh-sungguh, tampilkan seluruh kemampuan terbaik yang ada dan tunjukkan sebagai siswa dan siswi terbaik di Provinsi Jambi. Kegiatan Paskibraka ini janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus-menerus, mulai dari persiapan, proses seleksi, pelatihan, dan pelaksanaan kegiatan di lapangan,” ujar Sekda.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini memerlukan kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat, baik dari adik-adik calon Paskibraka, panitia, dan pelatih untuk mencapai tujuan yang kita inginkan bersama. Saya minta kepada panitia dan tim seleksi untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, serta dengan penuh tanggung jawab, menciptakan team work yang baik dari seluruh unsur yang terlibat,” lanjut Sekda.

Sekda menjelaskan, kondisi saat ini ditengah kehidupan bermasyarakat, penghayatan dan penghormatan terhadap bendera Merah Putih semakin pudar dan menipis. Hal ini terlihat dari tata krama penggunaan Sang Merah Putih yang tidak sesuai dengan jiwa dan nilai-nilai yang terkandung pada bendera Kebangsaan sebagai lambang Negara Republik Indonesia.

“Bendera Kebangsaan Merah Putih hanya dibuat sebagai pajangan dan hiasan belaka, ini disebabkan karena sebagian masyarakat kita kurang memahami arti dan makna Sang Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan Indonesia yang diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa dalam merebut dan mempertahankan
Kemerdekaan Negara Republik Indonesia,” jelas Sekda.
Sekda menuturkan, memerlukan upaya pembinaan bagi seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa, terutama untuk membangun kembali Nation Character Building (pembangunan karakter bangsa) yang telah mulai pudar pada diri manusia Indonesia, agar pada diri setiap anak bangsa tumbuh dan berkembang sikap cinta tanah air, semangat patriotisme dan idealisme, rela berkorban, serta adanya sikap dan perilaku dalam menghargai dan menghormati Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih.

“Salah satu wujud kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dimaksud adalah dengan menyelenggarakan Program Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi dan Nasional Tahun 2022, yang nantinya mengemban tugas berat dan mulia pada upacara Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022,” tutur Sekda.

Sekda mengemukakan, kegiatan ini mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mendapatkan calon-calon PASKIBRAKA yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi, serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik. Kegiatan ini merupakan wahana untuk mengingatkan kembali dan meningkatkan pemahaman para peserta seleksi tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan.

“Peningkatan pemahaman tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan tersebut diharapkan mendorong peserta dan kita semua untuk mengamalkan atau melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, berpartisipasi menciptakan harmoni ditengah keberagaman, mewujudkan Provinsi Jambi sebagai rumah besar bagi keberagaman. Saya yakin anak-anakku yang hadir di ruangan ini merupakan siswa dan siswi terbaik dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi dan telah memenuhi kriteria serta persyaratan untuk mengikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi dan Nasional Tahun 2022,” tutup Sekda. (don/adv)

Pos terkait