Wabup Batanghari Hadiri Pembukaan Sekolah Lapangan Iklim

  • Whatsapp
Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar
Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar sedang melakukan penanaman padi pada pembukaan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) di Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari. Foto : Rizki/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar menghadiri acara pembukaan Sekolah Lapang Iklim Operasional Provinsi Jambi Tahun 2021 di Desa Danau Embat, Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi, Senin.

Kegiatan pembukaan sekolah lapangan iklim ini dibuka oleh Kepala Balai Wilayah II BMKG Pusat Hendro Nugroho secara virtual.

Bacaan Lainnya

Turut hadir Kepala Stasiun Klimatologi Kelas IV Muaro Jambi Rudi Annuar Yudha Trisaputra Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Batanghari, Kepala Stasiun Klimatologi Sultan Thaha Ibnu Sulistyono dan para undangan lainnya.

Kegaitan pembukaan Sekolah Lapangan Iklim yang merupakan program kerja Stasiun Klimatologi (Staklim) Muarojambi Provinsi Jambi itu mengusung tema “Petani Cerdas Iklim, Panen Berkualitas Tiap Musim”.

Pada kesempatan itu, Wabup Batanghari H Bakhtiar berkesempatan melakukan penanaman padi di lahan pesawahan yang menjadi lokasi SLI di Kabupaten Batanghari tahun 2021 itu.

Sekolah Lapang Iklim (SLI) digulirkan untuk mendorong petani nantinya mampu memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim atau musim secara efektif dalam kegiatan pertanian mereka.

Program SLI sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir ini. Program ini untuk mengedukasi para petani di suatu daerah agar bisa memanfaatkan kondisi iklim untuk mendukung produksinya.

Menurut dia, manfaat Sekolah lapang iklim bagi petani ialah untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai informasi iklim dan dampaknya terhadap sektor pertanian.

Bagi Kabupaten Batanghari, pelaksanaan program Sekolah Lapangan Iklim tahun ini merupakan tahun kedua, yang mana tahun 2020 juga program SLI digelar di daerah itu.

Selain di Batanghari, pada 2021 ini SLI juga akan digelar di Kabupaten Bungo. (riz)

  • Whatsapp

Pos terkait