H Mashuri Laporkan Kondisi Karhutla Merangin ke Guberunur Jambi

Mashuri Laporkan Kondisi Karhutla
Plt Bupati Merangin H Mashuri Laporkan Kondisi Karhutla Merangin ke Guberunur Jambi. Foto : Edo/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Plt Bupati Merangin H Mashuri melaporkan kondisi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Merangin, kepada Gubernur Jambi H Al Haris pada rakor Karhutla dan Covid-19 Provinsi Jambi di Pola Utama Kantor Gubernur Jambi, Senin (19/7/2021).

Dipaparkan Plt bupati, kondisi dan situasi Karhutla di Merangin saat ini sama dengan kabupaten tetangga, Sarolangun, Bungo dan Tebo. Lahan yang terbakar mayoritas lahan gambut.

“Posko-posko Karhutla kita terus aktif sampai 24 jam. Jadi meskipun kita fokus ke pencegahan Covid-19, Karhutla juga terus kita pantau,” ujar Plt Bupati Merangin pada Rakor yang dihadiri Forkopimda dan bupati/walikota se-Provinsi Jambi itu.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Plt bupati juga melaporkan kondisi penanganan dan pencegahan Covid-19, dimana Merangin pernah mengalami kekosongan rapid tes, namun kemudian kekosongan itu cepat mendapat pasokan dari Gubernur Jambi.

Untuk vaksinasi Covid-19 di Merangin lanjut Plt Bupati, Alhamdulillah sudah sampai ke desa-desa, pelaksanaannya berlangsung lancar. Malah justru vaksinasi Covid-19 yang di Kota Bangko, sedikit kurang lancar.

Di tengah-tengah masyarakat Kota Bangko masih ada presepsi tidak berani divaksin, namun Pemkab Merangin telah membuat Surat Edaran (SE) bupati dan himbauan-himbauan yang menekankan vaksin itu halal dan sehat.

Selain itu terang H Mashuri, sertifikat vaksin yang dimiliki masyarakat sudah divaksin, akan menjadi persyaratan pengurusan surat-surat di Pemerintahan. Mudah-mudahan langkah ini, akan menghilangkan presespsi tidak benar tentang vaksin.

Sedangkan untuk pesta-pesta hajatan yang menimbulkan kerumunan masyarakat, di Kabupaten Merangin telah berkurang, kalau memang masih ada jumlah tamunya dibatasi dengan membuat undangan yang berbeda jamnya.

Plt bupati juga mengusulkan prosedur penanganan dan pencegahan Covid-19, bisa dipesingkat dan dipercepat. Masyarakat yang terpapar atau kontak dengan warga positif Covid-19, kalau bisa tidak lagi rapid, tapi langsung diwab antigen.

“Alhandulillah penanganan Covid-19 di Merangin terkendali dengan baik, Untuk sekarang ini, masyarakat Merangin yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 909 orang, proses perawatan sebanyak 130 orang dan telah sembuh dipulangkan sebanyak 735 orang,” terang H Mashuri.

Gubernur Jambi H Al Haris menanggapi laporan Plt bupati tersebut, menegaskan usulan itu sangat baik sekali. Namun terpenting sekarang ini vaksinasi Covid-19 harus terus berjalan meskipun angka pasien Civid-19 meningkat.

“Terpenting lagi bagaimana pasien Covid-19 yang dirawat itu semuanya mempunyai tempat tidurnya. Jangan ada pasien di rawat di lorong-lorong dalam rumah sakit. Jangan sampai pasien terkendala oksigen yang tidak ada,” pinta Gubernur.

Terkait Kahutla Gubernur menekankan semua kabupaten/kota harus siap, bila Karhutla itu terjadi. Artinya sebelum hal itu terjadi segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulu. (edo)

Pos terkait