Bupati dan DPRD Tanda Tangani Nota Kesepakatan LKPD T.A 2020

  • Whatsapp
Bupati dan DPRD Tanda Tangani
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari kembali menggelar rapat paripurna DPRD. Foto: Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari kembali menggelar rapat paripurna DPRD, dalam rangka penandatanganan nota kesepekatan bersama antara Bupati dan DPRD tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2020. Senin (14/06).

Sidang paripurna tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin didampingi oleh Wakil Ketua DPRD M.Jaafar dan Ilhamudin, Sekretaris Dewan Muhammad Ali, serta anggota dewan lainnya. Sementara itu, juga tampak dihadiri langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, Sekretaris Daerah M.Azan, para Unsur Forkopimda, dan para Pejabat dilingkup Pemerintah serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam Paripurna ini, Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Batanghari yang di sampaikan oleh Anggota Banggar Minarti memberikan Laporan, Saran dan Pendapat terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2020.

Minarti, selaku anggota Banggar DPRD Batanghari dalam sambutannya mengatakan. Kesepakatan antara pihak Eksekutif dan legislatif tentang Ranperda dan LKPJ Bupati pada APBD tahun anggaran 2020, sangat penting demi mewujudkan pembangunan di kabupaten Batanghari.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Batanghari dengan telah ditandatangani kesepakatan ini,”kata Minarti.

Dilanjutkan Minarti, adapun hasil pembahasan Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Batanghari tahun anggaran 2020, beberapa laporan di antaranya.

Terkait pendapatan, Realisasi anggaran pendapatan tahun anggaran 2020 sebesar Rp.1,1 trilyun lebih, dari target yang ditetapkan setelah perubahan sebesar Rp.1,2 trilyun lebih atau 92,69 persen.

Ditambahkan Minarti, terkait belanja, belanja daerah setelah perubahan APBD tahun anggaran 2020 sebesar Rp.1,3 Trilyun lebih, terealisasi Rp. 1,1 Trilyun lebih. Sementara untuk surplusnya, terealisasi sebesar Rp.341 Juta lebih. Sedangkan untuk Pembiayaan netto terealisasi Rp.12.843 Milyar lebih, dari target setelah perubahan sebesar Rp.12.842 Milyar lebih atau 100,01 persen.

Dengan demikian sisa lebih pembiayaan anggaran atau Silpa tahun anggaran 2020 sebesar Rp.13.2 Milyar lebih.

Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar Sp, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Batanghari khususnya Banggar DPRD yang telah membahas Ranperda dan LKPJ Bupati pada APBD tahun anggaran 2020.

“Semoga dengan kesepakatan yang telah ditandatangani, menjadi modal utama untuk pembangunan kabupaten Batanghari. Serta kami juga bersyukur, pembahasan rancangan peraturan daerah Kabupaten Batanghari tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 dapat dilaksanakan sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” kata Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar.(riz)

Pos terkait