Reses Dapil V, Anggota DPRD Muaro Jambi Zulkifli I Serap Aspirasi Warga Desa Kedemangan

  • Whatsapp

Jambiseru.com – Anggota DPRD Muaro Jambi daerah pemilihan (Dapil) V Jambi Luar Kota (Jaluko) Zulkifli I,SH reses di Desa Kedemangan, Kamis (11/2/2021). Kegiatan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat ini dipusatkan di samping Kantor Balai Desa Kedemangan tepatnya di Rt 07.

Dalam kegiatan reses tersebut hadir Kepala Desa Kedemangan, Zainuddin S, Ketua dan Anggota BPD, para kepala dusun, Ketua Rt, dan ratusan masyarakat Desa Kedemangan.

Zulkifli I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan reses anggota DPRD diagendakan dua kali dalam satu tahun dengan jumlah titik  reses sebanyak empat lokasi.

“ Untuk tahun 2021, ini reses pertama kita. Hari ini resesnya Desa Kedemangan dan Desa Sembubuk,  Pagi di Desa Kedemangan dan sorenya lagi lanjut ke Desa Sembubuk,” Kata Zulkifli I di hadapan masyarakat, Kamis (11/2/2021).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Muaro Jambi ini mengimbau agar masyarakat Desa Kedemangan memanfaatkan agenda reses ini untuk menyampaikan aspirasinya. Baik itu tentang pembangunan insfrastruktur, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan berbagai aspek lainnya.

“ Jadi kesempatan ini jangan disia-siakan, harus dimanfaatkan betul, supaya aspirasi dari warga bisa kita bawa untuk diparipurnakan di DPRD,” ujarnya.

Zulkifli I kemudian mempersilahkan warga untuk menyampaikan beberapa aspirasi dan keluhannya. Kepala Desa Kedemangan Zainuddin S langsung tampil menyampaikan beberapa usulannya. Pria yang biasa disapa Ning Zai ini meminta agar jalan penghubung ke desa tetangga segera dibangun.

“ Jalan petani yang tembus ke Desa Senaung lebih kurang satu kilometer itu kami usulkan agar dibangun, kemudian rehab jalan utama desa kami pak, yang bisa tembus ke komplek Wisata Percandian Muaro Jambi. Minta bantu usulkan pak agar bisa segera diperbaiki,” katanya.

Zainuddin berharap agar semua aspirasi dari warganya ditampung dan diperjuangkan sehingga hasilnya terlihat ke depan. “ Sebagai perpanjangan tangan kami di dewan, mohon agar aspirasi warga kami diperjuangkan pak,” ujarnya.

Ketua Rt 07, Nur  turut menyampaikan keluhan masalah lampu jalan di beberapa lorong jalan Desa Kedemangan agar segera dipasang.  “ Kalau ada lampu jalan enak pak, Anak-anak kalau pas pulang dari belajar mengaji malam, tidak merasa takut dan merasa kegelapan lagi pak,” ujar wanita yang akrab disapa Bik Nur.

Usulan pemekaran kecamatan bahkan mencuat dalam agenda reses tersebut. Tokoh masyarakat Desa Kedemangan bernama Sani meminta agar Kecamatan Jambi Luar Kota dimekarkan.

“ Kami dari sebrang ini, kalau nak berurusan ke kantor Camat Jaluko itu jauh nian pak. Kami meminta agar kecamatan Jaluko dimekarkan,” katanya

Perwakilan dari kelompok tani Desa Kedemangan juga tidak tinggal diam. Somad yang tampil mewakili kelompok tani dalam kesempatan itu meminta bantuan berupa bibit.

“ Kami meminta bibit pinang pak, atau juga bibit itik agar bisa dikelola oleh masyarakat Desa Kedemangan pak,” kata mantan ketua Rt 01 ini.

Setelah mendengar berbagai aspirasi dari warga Kedemangan, Zulkifli I mengatakan bahwa seluruh aspirasi tersebut telah ditampung  dan akan di sampaikan pada paripurna DPRD Muaro Jambi. Secara bertahap aspirasi itu akan diperjuangkan untuk direalisasikan ke depan.

“ Semua usulan dari masyarakat akan kami rangkum dan kami bawa ke paripurna DPRD, kalau tidak segera terealisasi jangan langsung berkecil hati. yang jelas saya akan berupaya untuk memperjuangkan setiap aspirasi yang disampaikan tersebut,” katanya.

Zulkifli dalam kesempatan tersebut memberi amanat khusus bagi kelompok ajuan untuk meminta diadakan bantuan bibit pertanian maupun peternakan. Proposal kelompok tani tersebut nanti akan digiring agar dapat direalisasikan.

“ Usulan kelompok tani akan kita giring dan akan kita realisasikan karena ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kalau pun tidak ada anggaran untuk tahun ini, Insyaallah akan saya bantu secara pribadi untuk mensupport dan meningkatkan semangat kelompok tani,” kata mantan Kepala Desa Pematang Jering ini. (*)

  • Whatsapp

Pos terkait