Fachrori Alokasikan Rp 5,8 M Sukseskan Perkemahan Wirakarya Nasional Pramuka 2020

Fachrori Alokasikan Rp 5,8 M Sukseskan Perkemahan Wirakarya Nasional Pramuka 2020

JAMBISERU.COM, Jambi – Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar M Hum, menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi pada pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober sampai 4 November di Bumi Perkemahan Abdurrrahman Sayoeti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Salah satu bentuk kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi juga ditunjukkan dengan pengalokasikan dana Rp 5,8 miliar guna menyukseskan kegiatan tersebut. Pernyataan ini disampaikan Gubernur kepada Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjend (Purn) Dr H Bachtiar S.IP,M.AP, dalam jamuan makan pagi di Peranginan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (23/1). Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pj Sekda Provinsi Jambi sekaligus Ka Kwarda Jambi, H  Sudirman SH,MH.

Bacaan Lainnya

Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara regular. Perkemahan Wirakarya atau Kemah Bakti merupakan salah satu wadah kegiatan untuk mewujudkan tujuan untuk membangun dan menguatkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian yang menjadi komitmen kuat seluruh pemuda bersama unsur pendukungnya

Fachrori menyatakan, sebagai tuan rumah, Provinsi Jambi siap menyukseskan program lima tahunan Kwarnas. ”Saya sampaikan bahwa Jambi merupakan provinsi yang sedang berkembang dan memerlukan dukungan dari pusat terutama dalam dukungan pembiayaan. Dan direncanakan kegiatan ini selain di Bumi Perkemahan di Sungai Gelam dan sub camp kegiatan PW Nasional ini juga direncanakan  dilaksanakan di Kabupaten Batanghari. Untuk penunjukan dan kepastian Kwarnas sangat diperlukan, sehingga Kabupaten Batanghari dapat mempersiapkan tempat dan lainnya. Karena tim Kwarnas telah tiga kali melakukan survei lokasi main camp dan sub camp PW-Nas ini,” ungkap Fachrori.

Pj Sekda Provinsi Jambi sekaligus Kakwarda Jambi H Sudirman SH,MH, dalam sesi wawancara menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dan Kwarda terus melakukan persiapan untuk menyukseskan kegiatan PW Nasional ini.

”Alhamdulilah, dari sejak  Provinsi Jambi  ditunjuk sebagai tuan rumah, kita sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari dan seperti yang kami telah laporkan kepada Gubernur Jambi dan beliau menyatakan dukungan penuh terhadap terlaksananya kegiatan ini, dan Gubernur Jambi memberikan kontribusi yang luar biasa yaitu Rp 5,8 miliar untuk kegiatan PW nasional yang dialokasikan untuk perbaikan sarana dan prasarana bumi perkemahan,” ujar Sudirman.

“Akan ada dua tempat pelaksanaan, dan kami juga telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Batanghari dan dinyatakan  ada alokasi dana juga. Dari  kunjungan Sekjen ini diharapkan beliau dapat melihat langsung kesiapan kita dan  beliau sudah bisa memastikan kegiatan tersebut akan tetap dilaksakan pada bulan Oktober, dan dukungan Kwarnas dan Pemerintah Provinsi ini juga akan memberikan motivasi kepada kami untuk mempersiapkan diri dengan baik. Apresiasi kami berikan kepada Kwarnas dan juga Pemerintah Provinsi Jambi terutama Bapak Gubernur yang telah memberikan dukungan kepada Kwarda Jambi,” sambung Sudirman.

Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka  Mayjend (Purn) Dr H Bachtiar S.IP,M.AP, juga menyampaikan bahwa kehadirannya ke Provinsi Jambi ini untuk melihat langsung persiapan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

“Kehadiran kami di sini untuk meninjau persiapan perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2020, rencananya kegiatan ini  akan dilaksanakan di akhir bulan Oktober sampai minggu pertama November, kita akan lihat lokasi bersama Gubernur sebagai Kamabida Gerakan Pramuka Jambi.  Kegiatan ini skopnya nasional dengan tujuan bagaimana melatih pemuda dan pemudi kita terkait pengabdian kepada masyarakat, untuk itu  kita akan maninjau langsung lokasi bumi perkemahan serta prasaana dan sarana yang ada,” ungkap Bachtiar. (yog)

Pos terkait