Pj Sekda : Pemprov Jambi Respon Positif Tawaran Kerjasama Sumbar

pj sekda
Pj Sekda Provinsi Jambi, H Sudirman. Foto : Istimewa

Pj Sekda : Pemprov Jambi Respon Positif Tawaran Kerjasama Sumbar

JAMBISERU.COM, Jambi – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H Sudirman SH MH menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi sangat merespon positif surat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terkait keinginan Pemrov Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemrov Jambi. Untuk itu, Sekda mengumpulkan para Asisten II Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pariwisat,  dan OPD tekait kabuparen/kota se Provinsi Jambi, bertempat di ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, Senin (20/01/2020).

Rapat tawaran kerjasama Pemrov Jambi bersama Sumatera Barat dipimpin Pj. Sekda, Sudirman, yang didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Sunaryo, Kepala Biro Pembanguanan dan Kerjasama  Setda Provinsi Jambi Novriadi,  Plt. Kepala Dinas Pariwisata, dan para OPD terkait.

Bacaan Lainnya

Terkait kerja sama yang akan direncanakan, Pemrov Jambi ingin merumuskan terlebih dahulu kesepakatan dan menyusun rencana, sebelum utusan Pemrov Jambi berkonsultasi dengan Pemrov Sumatera Barat.

“Tadi ada 5 poin yang telah kita sepakati dengan Kabupaten/Kota yang akan kita kerjasamakan dengan Pemerintah Sumatera Barat yaitu 1.Pariwisata, 2.Kebudayaan, 3.Lingkungan, 4.Infrastruktur, 5.Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Semua masukan dari OPD kabupaten/kota akan kita tampung dulu, nantinya Pemrov Jambi melalui surat dari Pak Gubernur akan merespon positif kerja sama yang akan dilaksanakan, baru kita adakan pertemuan untuk merumuskan semua yang akan dikerjasamakan,” ujar Sudirman.

“Setelah ini kita akan bentuk tim yang akan menindaklanjuti kerja sama ini, karana payung hokum perjanjiannya nanti antara Gubernur Jambi dengan Gubernur Sumatera Barat, pelaksanaan teknisnya di lapangan, masing-masing instansi, misalnya Dinas Partiwisata Provinsi Jambi dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat, antara dinas yang bersangkutan, contohnya Sumatera Barat akan memanfaatkan pinggiran Sungai Batanghari yang seiliran  sebagai momentum Pemalayu untuk dijadikan kalender wisata bersama di Solok Selatan, Solok, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Kota Jambi,” sambung Sudirman.

Sudirman mengharapkan dengan adanya perencanaan kerjasama yang dibuat akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat. ”Kita sangat mengharapkan dengan adanya kerjasama yang dibuat bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, agar pendapatan mereka bisa bertambah dan sejahtera,” harap Sudirman.

Sudirman juga mengharapkan hasil rapat ini melahirkan kesepakatan untuk penyusunan agenda sebagai bahan konsultasi Pemprov Jambi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. “Setelah kita bahas secara matang, nantinya akan kita adakan penandatanganan agenda pembangunan untuk dilaksanakan di daerah masing-masing. Pemrov akan memantau dan memfasilitasi,” jelas Sudirman. (yog)

Pos terkait