Bupati Tanjab Barat Launching Program Bansos dalam Bentuk BNPT

Bupati Tanjab Barat Launching Program Bansos dalam Bentuk BNPT

Jambi, Tanjab Barat – Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS melaunching program Bantuan Sosial dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Pengabuan, Rabu (18/03/20).

Turut hadiri pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD, Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi, Ketua TP PKK, Kepala Perum Bulog Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Tanjab Barat serta tamu dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Tanjab Barat dalam sambutannya menyampaikan bantuan sembako dalam bentuk BNPT merupakan kelanjutan dari program rakyat yang merupakan upaya pemerintah dalam menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat kurang mampu.

Bantuan sosial Kementerian Sosial RI telah mengalami beberapa perubahan, mulai dari program Raskin sampai menjadi Bantuan Sosial Program Sembako.

Bupati berharap Program BNPT ini dapat mendorong peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat dan sekaligus menjadi motivasi bagi para keluarga penerima manfaat (KPM) agar senantiasa memiliki orientasi untuk berdikari sejahtera dan tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah.

“Seperti contoh, keberhasilan berkurangnya angka kemiskinan di Tanjab Barat dengan adanya penerima penghargaan graduasi berdikari sejahtera, yang dengan kesadaran dan kemampuan usahanya dapat keluar dari kemiskinan, ini patut dicontoh oleh yang lain,” ujar Bupati

Bupati juga menyampaikan, penambahan jumlah bantuan untuk bulan maret merupakan bentuk respon pemerintah pusat terhadap antisipasi penyebaran wabah virus corona dengan memperkuat daya tahan tubuh melalui asupan gizi atau vitamin bagi masyarakat KPM.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap kepada OPD terkait, Camat, Kepala Desa, Lurah, dan pendamping bantuan untuk mengawasi dan mengawal bantuan dengan baik sehingga pelaksanaan program bantuan dapat berjalan sesuai tujuan dan tepat sasaran,” pesannya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tanjab Barat Sarifudin dalam laporannya menyampaikan kegiatan launching ini ditujukan untuk mensosialisasikan manfaat bantuan dan perubahan BNPT menjadi bantuan program sembako dengan memperluas jenis komoditi.

“Untuk di Kabupaten Tanjab Barat sendiri, Kemensos RI telah menetapkan sebanyak 16.772 Keluarga Penerima Manfaat,” tuturnya. (tra)

Pos terkait