Bupati Tanjab Barat Minta Seluruh OPD Sukseskan Muhibah Maritim II

  • Whatsapp

Bupati Tanjab Barat Minta Seluruh OPD Sukseskan Muhibah Maritim II

Jambi, Tanjab Barat – Menyikapi ditunjuknya Kabupaten Tanjab Barat sebagai Sekretariat Pengelolaan Pantai Timur Sumatera, ditambah statemen pengelolaan lingkungan atau Blue Carbon pada beberapa pertemuan Internasional, Pemkab Tanjab Barat akan kembali menggelar kegiatan muhibah maritim Menwa dan alumni Menwa se-Indonesia yang bertajuk Muhibah Maritim 2 (dua).

Bacaan Lainnya

Sebagai upaya persiapan kegiatan tersebut, Pemkab Tanjab Barat pada Kamis (12/3/20) bertempat di gedung Balai Pertemuan menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan muhibah maritim ke 2 dengan agenda ekspose dari Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlbokong) Palembang Kolonel Laut (P) Saryanto terkait rencana rangkaian kegiatan Muhibah Maritim 2 yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tanjab Barat dan dihadiri oleh Asisten Potensi Maritim dan Asisten Operasional Lantamal III, Staf Ahli Bupati Tanjab Barat, Asisten Setda Tanjab Barat, Kepala OPD dan Kepala Bagian, Pimpinan Perbankan dan Perusahaan lingkup Tanjab Barat serta tamu dan undangan lainnya.

Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS saat membuka rakor tersebut menyampaikan, dengan ditetapkannya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia menjadi salah satu solusi dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia. Hal ini terkait adanya 5 dimensi yang harus dikembangkan dalam rangka menjadi poros maritim dunia.

“Yaitu dimensi ekonomi, sumber daya manusia, lingkungan hidup, pertahanan keamanan dan diplomasi maritim,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat bekerjasama dengan TNI AL dan Komunitas Sosial Karya Alumni Menwa Indonesia juga telah menyelenggarakan Muhibah Maritim pada tahun 2018 lalu yang terbukti mengangkat Pantai Timur Sumatera sebagai salah satu kesepakatan global pengelolaan ekosistem pesisir dalam mendukung Indonesia sebagai poros Maritim Dunia,” ujar Bupati

Sementara itu, pada rapat serupa, Selasa (10/03/20) lalu, Bupati dalam arahannya juga menyampaikan bahwa kegiatan Muhibah Maritim kali ini akan fokus pada kegiatan penanaman kembali lahan gambut dan penanaman mangrove.

Selain itu juga akan ada rangkaian kegiatan sosial seperti pengobatan masal, pemeriksaan gigi, sunatan masal, serta pemeriksaan ibu hamil dalam rangka kampanye penurunan angka stunting.

“Selain kegiatan sosial ini, juga akan ada Pameran Kapal Perang, Pameran Alutsista, Seminar Indonesia Poros Maritim Dunia, Peresmian Pos AL, Kegiatan Terjun Payung, hiburan masyarakat dan kegiatan lainnya,” tambah Bupati.

Bupati juga berharap kepada seluruh OPD Pemkan Tanjab Barat untuk dapat mendukung kegiatan muhibah maritim ini sesuai dengan bidang masing-masing.

Bupati juga minta kepada seluruh OPD dapat saling mengisi dan bekerjasama dalam rangka mensukseskan kegiatan ini guna mengangkat nama Kabupaten Tanjab Barat di kancah Nasional maupun Internasional.

“Kegiatan Muhibah Maritim ini tentunya akan mengangkat kembali nama Tanjab Barat di mata Nasional maupun Internasional, saya minta agar seluruh OPD mendukung kegiatan ini sesuai dengan bidang masing-masing dan saling mengisi dalam mensukseskan acara ini,” ujar Bupati. (tra)

Pos terkait